by

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru Apresiasi Upaya Pemkab Muratara Menggerakan Ekonomi Warga Melalui Berbagai Event

SriwijayaUpdate.Com, MURATARA- Gubenur Sumatera Selatan H Herman Deru mengapresiasi upaya Pemkab Musi Rawas Utara (Muratara) menggerakan ekonomi warga melalui berbagai event wisata dan budaya dengan memanfaatkan kekayaan alam dan kearifan lokal yang dimiliki. Salah satunya melalui Festival tahunan Danau Rayo.

“Saya sebagai Gubernur mengapresiasi langkah Kabupaten Muratara yang mengoptimalkan semua potensi termasuk kepariwisataan dimana setiap tahun menyelenggarakan dan menjadikan tempat ini terkenal,” tuturnya saat memberikan sambutan pada pembukaan Festival Danau Rayo ke 4 Tahun 2023 yang dipusatkan ditepian Danau Rayo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang terletak di Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit Kabupaten Muaratara, Rabu (26/09/2023).

Menurut Herman Deru menyebutkan ada yang paling esensial bahwa akan ada geliat ekonomi, serta ada keterkenalan. Maka ini akan menjadi sebuah etalase dari segenap kelebihan Muratara baik budaya dan seninya.

Kemudian apresiasi juga diberikan Gubernur Herman Deru atas kebersamaan masyarakat untuk mempertahankan kearifan lokal baik adat dan budaya maka ini tidak boleh luntur hanya karena keterbukaan dunia dan modernisasi saat ini.

Herman Deru menyambut baik Danau Rayo setelah dijadikan kalender tetap tingkat Provinsi Sumsel, bahkan kedepan dia berharap dijadikan agenda tahunan nasional sebagaimana Festival Danau Ranau yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Sementara itu Bupati H Devi Suhartoni dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati H Innayatullah menegaskan Festival Danau Rayo diisi dengan berbagai acara didalamnya yaitu lomba biduk, sedekah ramo, festival adat dan budaya, festival kuliner, pameran ekonomi kreatif, lomba mewarnai dan motor trail.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Aufa Syafrizal mengatakan Festival Danau Rayo merupakan ke empat kali di gelar, dan kali ini digelar atas bkolaborasi antara Disbudpar Sumsel dengan Dibudpar Muratara.

Untuk diketahui kehadiran Gubernur Herman Deru di Muarataa kali ini disambut dengan Tarian Legenda Danau Rayo.(Rel/Adv/Mus).

News Feed