by

Gubernur Sumsel H Herman Deru Menekankan Agar Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Sumsel Menjadi Jembatan Bagi Kepentingan Antara Para Nelayan dan Sejumlah Pihak

SriwijayaUpdate.Com, Palembang –
Gubernur Sumsel H Herman Deru menekankan agar Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumsel menjadi jembatan bagi kepentingan antara para nelayan dan sejumlah pihak.

Hal itu diutarakannya ketika hadir dalam pelantikan pengurus HNSI Sumsel di Auditorium Bina Praja Setda Provinsi Sumsel, Rabu (21/09/2022).

Menurutnya, saat ini ada berbagai persoalan yang tengah dihadapi nelayan di Sumsel. Salah satunya soal ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dia menegaskan, HNSI harus mencari cara dan terobosan agar setiap persoalan yang dihadapi nelayan dapat terselesaikan.

Sebab itu, lanjutnya, HNSI harus berkoordinasi dengan PT Pertamina sebagai perusahaan minyak negara.

Menurutnya, upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk para nelayan memang harus dilakukan secara kolaborasi.

Diketahui, Sumsel sendiri merupakan salah satu daerah di tanah air yang memiliki potensi perikanan dan kelautan. Dimana, Sumsel memiliki perairan laut seluas 8.035,11 km² dan luas perairan umum daratan mencapai 2.505.000 Ha.

Berdasarkan data yang dihimpun, produksi perikanan tangkap dan budidaya di Sumsel pada tahun 2021 mencapai 427.901,8 ton.

Produksi itu, disebut-sebut merupakan produksi terbesar dibanding provinsi lain di pulau Sumatera.

Disisi lain, pelantikan pengurus HNSI Sumsel dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP HNSI Mayjen TNI (Purn) H Yusuf Soliehin.

Hadir pula dalam pelantikan tersebut, Sekjen DPP HNSI Lidya Assegaf, Ketua DPD HNSI Ponco Darmono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel.(Rel/Adv/Mus).

News Feed