by

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Sejumlah Ulama dan Ribuan Jemaah Melaksanakan Sholat Istisqo

SriwijayaUpdate.Com, Palembang – Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama sejumlah ulama dan ribuan jemaah yang terdiri dari kalangan pegawai, pelajar, TNI/Polri dan masyarakat umum secara khusuk mengelar sholat istisqo atau sholat minta hujan yang dilaksanakan di halaman Rumah Dinas Gubernur (Griya Agung),Sabtu (30/09/2023) pagi.

Sebelum menggelar Shalat Istisqo para jamaah memanjatkan doa dan zikir dipimpin Ustadz KH Tarmizi Muhaimin sedangkan, dan berindak sebagai Khotib dan imam Utadz KH Solihin Hasibuan.

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam arahannya menegaskan sholat istisqo yang digelar merupakan salah satu bentuk ikhtiar memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan di tengah panasnya cuaca akibat elnino yang tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Mengingat banyak dampak yang timbul yang diakibatkan musim kemarau. Salah satunya banyak terjadi kebakaran lahan dan hutan (Kathutla) yang mengakibatkan kabut asap menyelimuti sejumlah kawasan di Sumsel.

Selain karhutla dan kabut asap, dampak lain yang ditimbul akibat kemarau menyebabkan tidak produktifnya lahan pertanian akibat kekurangan pasokan air.

“Bayangkan beberapa bulan terakhir di Sumsel sebulan ini tidak ada hujan sama sekali. Kita berharap melalui doa-doa yang kita panjatkan pagi ini, akan diijabah Allah SWT,” harapnya.

Herman Deru menegaskan, dari jauh hari Pemprov Sumsel telah berupaya sekuat tenaga dan kemampuan mengatasi dampak kemarau, termasuk antisipasi terjadinya karhutla. Bahkan petugas pemadaman api terus berusaha berjuang memadamkan api selama terjadinya karhutla.

Gubernur mengakui sekarang ini kondisi udara disejumlah wilayah dalam Provinsi Sumsel sedang tidak baik-baik saja. Untuk itu dia memerintahkan Dinas Kesehatan secara aktif memberikan edukasi berupa himbauan kepada masyarakat untuk senantiasa mengenakan masker saat di luar rumah.

Mengakhiri arahannya Gubernur Herman Deru menghimbau masyarakat untuk berhemat dalam penggunaan air selama musim kemarau melanda. Selain itu dia juga mengarapkan agar masyarakat aktif menjaga kelestarian alam.(Rel/Adv/Mus)

News Feed