by

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumsel Menjajaki Peluang Kerjasama Kerajinan Bordir dengan Dekranasda Jawa Barat

SriwijayaUpdate.Com, JABAR – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel menjajaki peluang kerjasama kerajinan bordir dengan Dekranasda Jawa Barat (Jabar). Penjajakan kerjasama ini diawali dengan kunjungan Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD (Feby Deru) beserta jajaran ke Dekranasda Jabar.

“Kunjungan ini dimaksudkan untuk menjajaki peluang kerjasama dengan Dekranasda Jabar. Kita ketahui kota Tasikmalaya merupakan sentra industri kerajinan bordir dan anyaman. Beragam produksi baik keperluan sehari-hari ataupun suvenir tak lepas dari bordir,” kata Feby di Tasikmalaya Jabar, Rabu (10/8) pagi.

Kerjasama itu rencananya lanjut Feby akan diwujudkan dalam bentuk pemberian pelatihan bagi para perajin Sumsel untuk belajar meningkatkan keahlian membordir.

Menurutnya keahlian membordir para perajin kain di Sumsel cukup baik, namun demikian ia menginginkan agar skill para perajin makin membaik dan semakin rapi jahitannya.

Ia berharap kerjasama antara kedua belah pihak dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi melalui industri kerajinan bordir dan anyaman. Hal ini tentu menjadi semangat bagi para perajin untuk segera bangkit dan pulih.

Kunjungan ke Tasikmalaya ini sambung Feby untuk belajar langsung bagaimana pembinaan, pemasaran, dan pengemasan produk. Selain itu pula untuk memastikan apakah kerajinan bordir atau anyaman hanya ada (milik) Sumsel saja.(Rel/Adv/Mus).

News Feed