by

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PTBA Ajak Masyarakat Bersih-bersih Sungai Enim dan Sungai Kiahaan

Sriwijaya Update Com,Muara Enim –
PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih Sungai Enim dan Sungai Kiahaan pada Sabtu (10/6/2023). Susur sungai yang melibatkan 375 peserta dari 5 komunitas, pelajar, dan 45 mitra kerja PTBA ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2023.

Susur Sungai Enim dan Sungai Kiahaan untuk membersihkan sampah dilakukan dengan menggunakan sembilan perahu karet. Acara dimulai dari Simpang BTN Air Paku sampai dengan Taman Love Bukit Asam, hingga Desa Lingga di Kecamatan Lawang Kidul. Dalam aksi bersih-bersih Sungai Enim dan Sungai Kiahaan ini berhasil dikumpulkan 1.167 kilogram (kg) sampah.

“Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong kepedulian masyarakat terhadap kebersihan Sungai Enim dan sungai lain khususnya di lingkungan Tanjung Enim. Di sepanjang rute yang dilalui, peserta akan membersihkan sampah lalu dikumpulkan untuk dipilah-pilah, kemudian dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” kata General Manager PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE), Venpri Sagara.

Aksi bersih-bersih Sungai Enim dan Sungai Kiahaan ini dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (DPKP) Muara Enim, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim.

“Melalui kegiatan-kegiatan ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan Tanjung Enim yang lebih baik,” ujarnya.

Plt Kepala DPKP Muara Enim, Saprioma, mengapresiasi aksi bersih-bersih Sungai Enim yang digelar PTBA. Ia berharap agar pihaknya dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan serupa yang mendukung pelestarian ekosistem lingkungan Sungai Enim.

“Ke depan, kami dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim dapat dilibatkan dalam setiap kegiatan PTBA yang sesuai dengan tugas dan fungsi pokok pekerjaan kami,” kata Saprioma.

Tak hanya bersih-bersih Sungai Enim, PTBA juga menggelar pemilihan Duta Lingkungan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023. Pemilihan Duta Lingkungan ini diikuti oleh para pelajar SLTA Sederajat di wilayah sekitar perusahaan. Dalam acara ini, para peserta diberi pembekalan tentang tata kelola lingkungan hidup.

PTBA juga menggelar acara Green Mining, sosialisasi pengolahan sampah untuk pelajar, dan Lintas Alam ke Danau Cinta. (Rel/zul)

News Feed