by

Gubernur Sumsel H Herman Deru Melepas Keberangkatan JCH Keloter Pertama Asal Provinsi Sumsel

SriwijayaUpdate.Com, Palembang – Gubernur Sumsel H Herman Deru secara resmi melepas keberangkatan jemaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Keloter) pertama asal Provinsi Sumsel menuju tanah suci pada musim haji 1444 hijriah/2023.

Keberangkatan jemaah calon haji keloter pertama yang diberangkatkan oleh Gubernur Herman Deru dari Asrama Haji Palembang, Sabtu (27/05/2023) tersebut sebanyak 360 orang jemaah dengan daerah asal Kabupaten OKU Timur.

Jemaah asal Sumsel keloter pertama ini diberangkatkan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju tanah suci dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines.

Ke 360 orang jemaah calon haji keloter pertama Sumsel tersebut didampingi 5 orang pengawas haji dan tenaga kesehatan. Serta 3 orang lagi merupakan petugas haji daerah (PHD).

Gubernur Herman Deru dalam arahannya kepada jemaah calon haji keloter pertama asal Sumsel tersebut menegaskan, meski Pandemi Covid 19 dinyatakan telah berakhir oleh World Health Organization (WHO) namun dirinya tetap mengingatkan jemaah untuk tidak lengah menerapkan protokol kesehatan dalam semua aktivitas prosesi ibadah yang dilakikan selama ditanah suci.

Herman Deru juga mengingatkan jemaah untuk saling membantu antar sesama jemaah tidak tergantung dengan petugas. Bahkan baji jemaah yang memiliki ilmu terkait kesehatan agar dapat menularkan dengan sesama jemaah.

Khusus bagi petugas, Herman Deru menekankan agar para pengawas untuk menjalankan tugas secara ekstara mengingat 65 % jemaah calon haji asal Sumsel kali ini didominasi oleh jemaah lanjut usia (Lansia).

Selama ditanah suci jemaah diharapkan Gubernur Herman Deru fokus dengan niat awal yakni beribadah agar mendapatkan predikat haji mabrur dan mabruroh.

Membludaknya jemaah calon haji asal Sumsel lanjut Herman Deru tidak lain salah satu faktor penunjangnya adalah sekian membaiknya ekonomi masyarakat di Sumsel.(Rel/Adv/Mus).

News Feed