by

Gubernur Sumsel H Herman Deru Menjadi Inspektur Upacara Hardiknas Tahun 2023

SriwijayaUpdate.Com, Palembang
– Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023, Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan catatan khusus terkait dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel yang meningkat sebesar 0,83 persen ditahun 2022 lalu.

Saat dibincangi usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hardiknas yang digelar di Halaman Rumah Dinas Gubernur Sumsel, Griya Agung, Selasa (02/05/2023) pagi. Gubernur Herman Deru mengaku bangga dan bersyukur karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel terus mengalami peningkatam. Oleh karena itu dia tetap berharap di tahun 2023 ini IPM Sumsel kembali mengalami peningkatan.

Oleh karena itu Herman Deru mengharapkan pada momen peringatan hari pendidikan nasional kali ini akan menjadi penyemangat bagi insan pendidikan, merdeka mengajar yang diikuti oleh semua stakeholder pendidikan.

Dijelaskan meningkat IPM Sumsel menjadi 70,90 atau tumbuh 0,83 persen atau meningkat 0,66 poin dibandingkan capaian tahun 2021 tersebut ditopang beberapa indikator selain faktor kesehatan juga ada faktor dimensi pengetahuan, harapan lama sekolah penduduk usia 7 tahun ke atas. Selain itu rata-rata lama sekolah penduduk usia 25 tahun ke atas tumbuh 0,07 tahun, dari 8,30 tahun menjadi 8,37 tahun pada tahun 2022.

Pada upacara Hardiknas kali ini Tahun 2023 didikuti oleh para Kepala Sekolah, Guru, siswa/siswi SD, SMP, SMA dan semua usur Pendidikan di Sumsel.

Lanjutnya Herman Deru menyebut para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Paltform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Dari segi pendanaan, lanjut Herman Deru , pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (Rel/Adv/Mus).

News Feed