by

Bupati Ogan Ilir Hadiri Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2023

SriwijayaUpdate.Com, Jakarta
Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, S.H didampingi Staf Ahli Bupati beserta Kepala Perangkat Daerah terkait, hadiri Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas DukcapiI). Selasa (24/10/2023) bertempat di NovoteI PaIembang Hotel & Residence, JaIan R. Sukamto No,8A, Kota Palembang, Sumatera SeIatan.

Rakornas Dukcapil dengan mengusung tema “Penguatan Dukcapil untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024”, Rakornas yang dibuka secara resmi oleh Mendagri Tito Karnavian, menjadi ajang konsolidasi dan koordinasi terbesar bagi sekitar 2.000 peserta dari dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Pj. Gubernur Sumatera Selatan dalam sambutannya melaporan hasil data yang terjadi mengenai jumlah daftar pemilih Se-Sumsel, pengendalian inflasi dalam pertumbuhan ekonomi, perkembangan IPM, tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, penurunan stunting, dan penanganan karhutla.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, S.H mengatakan tentunya tujuan dari Rakornas Dukcapil ini untuk menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi Dukcapil baik dari tingkat pusat, Provinsi bahkan Kabupaten/Kota, guna mendukung peningkatan pelayanan publik serta mendukung suksesnya Pemilu tahun 2024.

“dan dapat mendorong integrasi serta digitalisasi data kependudukan dengan layanan publik lainnya, dan dapat meningkatkan layanan admistrasi kependudukan di seluruh indonesia.” ujarnya

Sementara Mendagri Tito Karnavian dalam arahannya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak panitia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang telah mendukung penyelenggaraan acara tersebut.

Menurutnya acara Rakornas tersebut sangat bagus dalam rangka melakukan evaluasi pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Dukcapil ini memang sangat vital dan kritikal untuk semua bangsa termasuk bangsa Indonesia, karena menyangkut masalah kependudukan. Negara kita tidak gampang mengelola kependudukannya. Karena Negara demokrasi yang berkembang dengan penduduk nomor empat terbesar di dunia” ujar Mendagri.

Di akhir acara Mendagri Tito Karnavian menganugerahkan Dukcapil Awards kepada sejumlah daerah dengan kinerja terbaik.

Turut hadir para narasumber yang kompeten di antaranya Ketua Komisi II DPR, Ketua KPU, Pj. Gubernur Jawa Tengah. Hadir pula dari Kemenkeu, Bappenas, Kemen-PAB RB, BSSN, Kemenlu, dan para Pejabat Eselon I dan II Kemendagri.(Rel/Adv/Mus).

News Feed