by

Provinsi Sumatera Selatan berhasil Pemecahan Rekor MURI dalam Pelatihan Skrining Tumbuh Kembang Melibatan 1.000 Guru PAUD

SriwijayaUpdate.Com, Palembang
– Provinsi Sumatera Selatan berhasil pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam pelatihan skrining tumbuh kembang melibatan 1.000 guru PAUD dalam Kota Palembang. Pecahnya rekor MURI tersebut digelar dalam rangka rangkaian memeriahkan Dies Natalis Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri) Ke-61 yang dilaksanan di Dining Hall Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang, Rabu (14/09/2023) siang.

Selain guru PAUD pelatihan ini juga melibatkan kelompok bermain, taman kanak-kanak, dan satuan paud sejenis yang berasal dari 817 Sekolah PAUD. Pelatihan Skrining juga melibatkan 50 Fasilitator yang sebagian besar merupakan dokter spesialis anak yang tergabung dalam IDAI Cabang Sumatera Selatan, staf Bag/KSM Anak FK UNSRI/RSMH, juga dokter spesialis lainnya serta para staf FK Unsri baik yang tinggal di kota Palembang maupun dari luar kota Palembang.

Dalam arahannya Gubernur Herman Deru mengatakan, inisiasi Fakultas Kedokteran Unsri sangat luar biasa karena mempersiapkan generasi emas dalam menyongsong bonus demografi, dengan cara mendeteksi dini tentang tumbuh kembang anak.

Herman Deru menerangkan, pelayanan kesehatan termasuk layanan pokok di dalam penyelenggaraan pemerintahan, setelah bidang layanan pendidikan. Oleh sebab itu, ada empat tahapannya antara lain promotif, preventif kuratif dan rehabilitatif.

Diakui Herman Deru, Training of Trainer ini juga sebagai wujud kepedulian terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, sebagai salah satu gerbang utama dalam mendeteksi gangguan tumbuh kembang anak terkhusus permasalahan stunting.

Sementara Dr.dr. Yudianita Kesuma, Sp. A (K) , M.Kes selaku ketua pelaksana dalam laporannya menegaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian dies natalis FK Unsri yang ke-61 sekaligus wujud dari pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dimana pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dapat diselenggarakan sekaligus pada acara skrining tumbuh kembang pada 1.000 guru PAUD kota Palembang.(Rel/Adv/Mus).

News Feed