by

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Buka Kegiatan Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa Tahun 2023

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir-
Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir gelar Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa Tahun 2023 (Sosialisasi Dana Desa Tahun 2023). Rabu, (15/02/2023). Bertempat di gedung serbaguna Tanjung Senai.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH, didampingi Forkopimda OI, Sekretaris Daerah, Staf ahli Bupati, para asisten, serta kepala perangkat daerah pemkab Ogan Ilir.

Bupati Panca Wijaya Akbar mengatakan, prioritas penggunaan dana desa ini mengacu pada aturan Permendes no 8 tahun 2022 beserta PMK 201 tahun 2022. ” Saya harapkan dengan terselenggaranya sosialisasi dana desa ini dapat memberikan pemahaman kepada kepala desa dalam melaksanakan tata kelola desa baik dalam segi administrasi, perencanaan serta pelaksanaannya, ” jelasnya.

Bupati Ogan Ilir juga menyampaikan kepada kepala desa agar mengutamakan pelayanan dasar masyarakat dan menghidupkan kembali posyandu yang ada di desa sehingga Stunting di kabupaten Ogan dapat menurun. ” Kepala desa diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah kabupaten dan dinas terkait untuk berkolaborasi dalam menekan angka Stunting, agar tidak ada lagi masyarakat yang kurang gizi, ” ujarnya.

Sementara itu, kepala dinas PMD kabupaten Ogan Ilir, Akhmad Lutfi melaporkan bahwa dasar pelaksanaan dari kegiatan ini adalah undang-undang no 6 tahun 2014 tentang desa, Permendes no 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023, dan peraturan menteri keuangan no 201 tahun 2022.

“Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada kepala desa dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan desa dan keuangan desa yang bersumber dari dana desa, memberikan informasi tentang SAKIP desa, serta memberikan informasi mengenai siskeudes online, ” jelasnya

Peserta sosialisasi ini terdiri dari 16 camat, 16 kasi PMD kecamatan, 48 pendamping desa dan 227 kepala desa.(Rel/Adv/Mus).

News Feed