by

Sukses gelar 1st South Sumatera Fire rescue challenge, Dirjen Minerba Berikan Apresiasi kepada PT. BA

SriwijayaUpdate.Com, Muara Enim –
PT. Bukit Asam gelar acara penutupan “1st South Sumatera Fire Rescue Challenge ” di Gedung Serba Guna Tanah Putih Komplek Perumahan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumsel, Sabtu malam (11/02/2023).

1st South Sumatera Fire Rescue Challenge salah satu event yang pertama kalinya diadakan dalam rangka memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) ,
4 challenge diperlombakan dalam kegiatan yang diselenggarakan mulai dari tanggal 08 hingga 11 februari 2023 di halaman Museum Batu Bara Tanjung Enim yang Lalu. 11 Team dari berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan yang ada di Sumatera Selatan ikut ambil bagian dalam mengikuti lomba tersebut.

Hadir dalam acara itu, Direktur Operasi dan Produksi PT Bukit Asam, Suhedi, Kepala Teknik Tambang Venpri Sagara, Ketua Panitia Agung Budiarto, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) H.Riswandar.SH.MH, Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara di wakili Dwinanto Herlambang, Kepala Pelaksana BPBD Muara Enim Abdurrozieq Putra,ST, MT, Kadin Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ir.Yulius, M.Si, Kadin Disnakertrans diwakili Sekretaris M.Zulfachri Andri,SH,SM, Ketua Pertapindo Sri Raharjo, Kadin Lingkungan Hidup diwakili Sekretaris Anton Abdulrahman Putra.SH, Camat Lawang Kidul Andrille Martin.SE, Danramil 404-05 Kapt.CZI.Sujarwo Porkopimda Kabupaten Muara Enim, Dewan Komisaris, para Direksi, Manager, Karyawan dan keluarga besar PT Bukit Asam Tbk serta para PJO dan Manager dari Mitra Kerja.

Dalam sambutannya, Direktur Operasi dan Produksi PT Bukit Asam, Suhedi menyampaikan bahwa tujuan diadakan perlombaan adalah ajang uji kemampuan personil ERT agar mampu dan siap dalam tanggap bencana dan kecelakaan.

“Sebenarnya peserta yang kami undang se-Sumatera Selatan,tapi mungkin belum sempat mengirimkan teamnya, mudah-mudahan di tahun depan pesertanya akan lebih banyak,semoga setelah dari ajang ini peserta bisa menerapkan di lingkungan kerja dan masyarakat, namun yang paling penting, bahwa kegiatan ini sebagai ajang promosi Tanjung Enim kota wisata, kita tunjukkan bahwa di Sumatera Selatan ini ada museum batubara yang bisa di nikmati masyarakat umum,”paparnya.

Mewakili Plt Bupati, atas nama pemerintah daerah, Sekretaris Daerah Muara Enim H.Riswandar,SH.MH dalam sambutannya mengatakan, agar kompetisi ini membawa manfaat besar khususnya dalam upaya kesiap siagaan tanggap darurat diwilayah Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten Muara Enim.

“Kesiap siagaan ini menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh dalam menghadapi potensi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna,”ungkapnya.

Lebih lanjut Pj. Sekda menambahkan,”Terimakasih kami ucapkan atas kontribusi dan dukungan PT Bukit Asam dalam berbagai aspek pembangunan di Muara Enim, saya berharap kepedulian dan kontribusi dari PTBA ini menjadi panutan bagi BUMN/BUMD maupun dunia usaha lainnya, kedepan tentunya kami mendukung semua program dan cita-cita PTBA, terutama yang telah menjadi program strategis nasional, yaitu mewujudkan percepatan Kawasan Industri Tanjung Enim (KITE) sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) “Energi Terbarukan” Tanjung Enim,”pungkasnya.

Sementara , Direktur teknik dan Lingkungan Mineral Batu Bara yang diwakili , Dwinanto Herlambang, dalam amanahnya ” kami atas nama pemerintah dan dirjen Minerba mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih terima kepada PTBA atas suksesnya kegiatan 1st South Sumatera Fire Rescue Challenge, dan mengucapkan selamat bagi para pemenang dari masing masing challenge,
Harapannya , dari kegiatan ini seluruh team tanggap darurat di Sumatera Selatan bisa saling diskusi, tukar pengalaman demi meningkatkan kemampuan dan wawasan tentang upaya penyelamatan.
Lebih lanjut, upaya upaya dalam tanggap darurat terus diasah dan diimplementasikan dalam rangka penyelematan korban, terlebih harus memeliki kemampuan mengantisifasi tindakan sebelum melaksanakan pertolongan tutupnya.

Acara diakhiri pembagian hadiah bagi peserta lomba yang berhasil menjadi pemenang. Dengan hasil keseluruhan (Overall Winner) sebagai Overall Winner(1) yaitu Team ERT PT Bukit Asam Tbk, Overall Winner (2) Team ERT PT Putra Perkasa Abadi (PPA) dan sebagai Overall Winner (3) yaitu Team ERT PT. Pamapersada Nusantara.(Rel/Aidil)

News Feed