by

Panen Raya di Rantau Panjang, Bupati OI: Dukung Transformasi Pertanian Gelontorkan 212 Milyar

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir – Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam didampingi Kepala Dinas Pertanian Hasnandar dan perwakilan 12 kelompok tani melakukan panen raya di Desm  Rotan Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir,Rabu (16/9/2020).

Dalam kesempatan ini Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam langsung memanen secara simbolis dengan menggunakan mesin panen (combene) di lahan milik warga.

Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam mengatakan setelah menyerap berbagai harapan dari masyarakat melalui sambang desa dan Ngopi OI banyak masyarakat mengharapkan agar dibukanya lapangan pekerjaan dan peningkatan perekonomian keluarga.

“Transformasi pertanian adalah harapan masyarakat yang paling banyak disampaikan dalam program  sambang desa dan Ngopi OI dan harapan ini kita salurkan melalui transpormasi pertanian yang mengubah cara berfikir dari petani convensional menuju petani entreprener, “ucap Bupati OI seusai melakukan panen.

Lebih lanjut ditambahkan Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam SE., SH., MM sebagai bentuk keseriusan Pemkab OI tahun 2021 sudah mengelontorkan dana begitu besar lebih dari dua ratus milyar.

“Untuk mendukung transformasi pertanian akan digelontorkan dana sebesar 212 Milyar untuk membeli alat pertanian, benih, pupuk dan keperluan lainnya. Jadi warga hanya menyediakan lahan dan untuk benih, pengolahan lahan pupuk akan dikerjakan dengan tenaga mesin”tutur suami Meli Mustika.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Hasnandar mengatakan dalam pekan ini sudah ada dua lokasi panen raya yakni di Kecamatan Pemulutan dan Rantau Panjang.

“Untuk Kecamatan Rantau Panjang ada 199 Ha dan untuk hari ini akan dipanen sebanyak 10 Ha dengan adanya panen raya secara simbolis ini akan memberikan semangat para petani bahwasnya pak Bupati sangat serius dalam menjalankan program Transformasi Pertanian.”pungkasnya

Dalam kesempatan ini Bupati Juga memberikan bantuan berupa benih padi kepada 12 kelompok tani yang ada di  Kecamatan Rantau Panjang.

News Feed