by

Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya Menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

SriwijayaUpdate. Com, Palembang –
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 di Provinsi Sumsel digelar di halaman kantor Gubernur Sumsel, Jumat (28/10/2022) pagi dipimpin langsung Inspektur Upacara Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya.

Saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Wagub Mawardi Yahya mengajak masyarakat dan khususnya pemuda di Sumsel memaknai Peringatan Hari Sumpah Pemuda sebagai upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Menurutnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada semua pihak bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Lebih jauh Wagub Mawardi mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Lebih jauh Mawardi Yahya mengatakan agar pemuda semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Penghargaan dari Lentera Pemuda Lokal Bumi Sriwijaya kepada Direktur Regional ICSB Sumsel Hj. Samantha Tivani dan Anggota DPD RI Jyalika Maharani.

Serta pemberian penghargaan kepada Pemuda Berprestasi Tingkat Provinsi Sumsel dan Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumsel.

Selain itu ada juga pengusulan pemecahan Rekor MURI penggunaan bakian dan tanjak terbanyak dalam apel peringatan HUT Sumpah Pemuda di Indonesia. (Rel/Adv/Mus).

News Feed