by

Bupati OI: Pagelaran Seni Budaya Momentum Kebangkitan Lagu dan Permainan Tradisional

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir – Pagelaran Seni Budaya adalah momentum kebangkitan lagu dan permainan tradisional. Hal ini dikatakan oleh Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam SE., SH., MM., yang diwakili oleh Asisten II H.Muhsin Abdullah M.M saat membuka Pagelaran Seni Budaya di Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (17/3/2020).

Kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya ini dilangsungkan di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 Tanjung Batu Desa Tanjung Baru Petai dan berbagai seni yang ditampilkan antara lain tradisi bujang nugal gadis membenih, netak contok (potong rambut), ngayun kupek, lagu daerah dan permainan tradisional.

Dalam sambutannya Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam SE SH MM yang dibacakan Asisten II H.Muhsin Abdullah M.M menyampaikan pesatnya kemajuan teknologi mengerus budaya-budaya yang sudah ada sejak dulu. Dengan adanya kegiatan ini akan membangkitkan kembali tradisi dan budaya tersebut.

“Dengan adanya kegiatan ini akan memupuk rasa cinta generasi muda terhadap budaya warisan leluhur kita. Seperti permainan cam-cam duku, cabut-cabut ubi dan conglak sangat perlu terus dilestarikan “ujarnya dihadapan warga yang tumpah ruah menyaksikan acara tersebut

Lebih lanjut dikatakan oleh Asisten II H.Muhsin Abdullah budaya yang sudah ada berkaitan erat dan sejalan dengan program pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemkab OI.

“Seperti tari Bujang Nugal Gadis Membenih seirama dengan program Transformasi Pertanian pak Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam yang mengajak para petani tradisional menjadi petani entrepreneur,”imbuhnya menutup sambutan. (Mus)

News Feed