by

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Mentan RI, Prof Syahrul Yasin Limpo Menggelar Rapat Koordinasi Antisipasi Iklim Ekstrim El Nino

SriwijayaUpdate.Com,Palembang – Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Menteri Pertanian RI, Prof Syahrul Yasin Limpo beserta Forkompimda Sumsel menggelar Rapat Koordinasi Antisipasi Iklim Ekstrim El Nino bertempat di Griya Agung Palembang, Senin (17/07/2023).

Mengawali sambutannya Mentan RI mengapresiasi kepada Gubernur Herman Deru yang mana begitu sangat perhatian sekali terhadap sektor pertanian.

“Pak Herman Deru sebagai Gubernur sangat perform sangat hebat,”katanya.

Mentan mengatakan kehadirannya di Sumsel ini mengatasnamakan kepentingan negara, atas nama Presiden RI untuk meminta kepada Gubernur Sumsel dan stakeholder untuk memikirkan kepentingan bangsa.

Dimana lanjut Mentan Presiden memberikan perhatian serius terhadap ancaman El Nino yang pasti juga akan berdampak pada Indonesia.

Makanya dirinya meminta perhatian yang serius kepada semua stakeholder pertanian terkhusus Kementerian Pertanian bersama Para Gubernur untuk mempersiapkan atau mengantisipasi dampak dari kekeringan yang kuat itu.

Lanjut Mentan RI mengatakan bahwa dalam rakor tadi bersama Gubernur Herman Deru sudah melakukan komitmen agar Sumsel menjadi booster kepentingan nasional dari berbagai prediksi dampak itu seperti apa.

Sementara itu Gubenrur Herman Deru menambahkan bahwa kemarau tahun ini cukup panas berbeda dengan dua tahun belakangan, jadi khusus Sumsel di 10 kabupaten ada kewaspadaan khusus lagi karhutlah.

“Dari tahun ketahun kita siaga karhutlah
Alhamdulilah berkat pertolongan Allah SWT kita bisa menghindari dampak karhutla, hal ini dirasakan oleh para petani Buktinya ada penikatan produksi yang luar biasa setiap tahunnya. Bahkan tahun 2022 kita surplus beras 743.014 ton.

Untuk itu lanjut Herman Deru bahwa Sumsel tadi diingatkan oleh Mentan RI kalau hanya bicara untuk Sumsel itu sudah selesai, tapi saat ini bicara bagaimana untuk menjadi penyangga pangan nasional.

“Nah rumusnya sudah diberikan Pak Menteri antara lain menghadapi El Nino ini dari hal terkecil seperti menjaga embung, menjaga stabilitas tanah serta kerjasama sama dengan pihak terkait.(Rel/Adv/Mus)

News Feed