by

Ketua DPRD OI Ucapkan Hardiknas: Momentum Menumbuhkan Patriotisme dan Nasionalisme

Sriwijaya update.Com, Ogan Ilir –
Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) diperingati dengan beragam acara yang digelar oleh Dunia pendidikan termasuk di Kabupaten Sumbawa dengan menggelar lomba batuter dan guru inspiratif dan aneka lomba lainnya. Pada tahun ini, Hardiknas jatuh pada Selasa, 2 Mei 2023 dengan mengangkat Tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir Soeharto beserta unsur pimpinan mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional. Menurutnya, dibalik penetapan oleh negara berdasarkan Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959 sebagai wujud dari kepedulian Pemerintah terhadap urgensi pendidikan di tanah air, ada sosok yang sangat berjasa di dunia pendidikan Indonesia, Beliau adalah Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889 silam dan kelahirannya dijadikan pijakan peringatan hari tersebut.

“Kita memperingati Hari Pendidikan Nasional bukan semata-mata untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme atau perjuangan melawan kebodohan dan nasionalisme bagi seluruh insan dan dunia pendidikan” Ucapnya.

Diketahui bahwa Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Menristekdikti) telah menerbitkan Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 yang menetapkan tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar”.

Selain itu, Menristekdikti juga menetapkan bulan Mei 2023 sebagai waktu pencanangan bulan Merdeka Belajar.

Harapan kami selaku Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir mari kita perkuat pendidikan kita untuk untuk mempertajam kecerdasan, membangun karakter bangsa yang berakhlak . Saat ini dengan program merdeka belajar Sehingga tugas kependidikan ini adalah tanggung jawab bersama mendidik anak anak generasi penerus bangsa.

“Era sekarang begitu dahsyat tantangannya, disatu sisi banyak kemudahan dalam mengakses materi pendidikan namun disisi lain juga terbentang lebar informasi negatif sehingga dengan pendidikan yang baik bisa memfilter pengaruh maupun godaan pada hal-hal negatif yang bisa merusak diri pribadi”(Rel/Adv/Mus).

News Feed