by

Polresta Cirebon Salurkan BTPKLWN kepada Ratusan PKL hingga Nelayan

SriwijayaUpdate.Com, Kab Cirebon-sriwijayaupdate.com ||polresta Cirebon menyalurkan bantuan kepada ratusan PKL dari program bantuan tunai PKL, warung dan nelayan (BTPKLWN) dari pemerintah RI. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Mapolsek Gebang dan Mapolsek Babakan, Selasa (5/4/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kabagops KOMPOL PURNAMA, S.H., M.H., Kapolsek Babakan AKP. SUMAIRI, S.H., Kapolsek Gebang AKP TUKIJAN S.H., Kasi Propam Polresta Cirebon AKP UJANG SARIFUDIN S.H PS Kasikeu IPDA Dr. SUMANTO, S.E., M.M, dan lainnya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, sebanyak 445 PKL, pemilik warung, dan nelayan di wilayah Kecamatan Gebang dan Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon yang menerima bantuan tersebut. Bantuan yang diberikan kepada para penerima jumlahnya Rp 600 ribu.

“Bantuan ini berasal dari Kementrian Keuangan dan Menko Perekonomian RI, bantuan ini khusus untuk para Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) yang terdampak Covid-19, yang disalurkan melalui Bhabinkamtibmas,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengatakan, Polresta Cirebon hanya bertugas menyalurkan bantuan tersebut kepada penerimanya. Para PKL, pemilik warung, dan nelayan yang diberikan bantuan kali ini dipastikan belum pernah mendapatkan bantuan serupa pada waktu sebelumnya.

Selain itu, penentuan sasaran pemberian bantuan tersebut didasarkan pada data dari instansi terkait, yang kemudian diverifikasi oleh personel Babinkamtibmas jajaran Polresta Cirebon di lapangan dan diserahkan ke pemerintah.

Menggunakan aplikasi digital, jika nama calon penerima bantuan terdeteksi pernah menerima bantuan sosial (bansos) serupa pada waktu sebelumnya, maka akan ditolak oleh sistem. Proses verifikasinya juga ketat untuk mengantisipasi terjadinya dobel bantuan pada penerima.

“Kami berharap bantuan tersebut bisa digunakan sebaik mungkin oleh penerima. Bisa digunakan untuk menambah modal. Sebagai upaya memulihkan kondisi perekonomian yang sempat terpuruk karena efek pandemi Covid-19,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama, kedua, maupun lanjutan atau booster di lokasi penyerahan BTPKLWN tersebut. Sehingga masyarakat yang belum divaksin bisa langsung mengikuti vaksinasi di tempat tersebut.(Turah)

News Feed