by

Kembangkan LRT, Pemprov Provinsi Gandeng Pemerintah Amerika Serikat Melalui Program Millennium Challenge Compact

SriwijayaUpdate.Com, Palembang –
Pemerintah Amerika Serikat melalui program Millennium Challenge Compact (MCC) akan menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dalam mengembangkan Light Rail Transit (LRT) di Provinsi Sumsel.

Hal tersebut tertuang saat Gubernur Provinsi Sumsel H Herman Deru menerima Tim Due Diligence Program Compact 2 oleh Millennium Challenge Corporation (MCC), di Ruang Tamu Gubernur Senin (28/03/2022).

Gubernur Provinsi Sumsel Herman Deru, mengatakan hal itu merupakan kabar baik bagi Provinsi Sumsel. Menurutnya, Pemprov Sumsel telah melakukan berbagai upaya untuk penyelamatan aset dan mentrigger LRT agar menjadi moda transportasi yang diminati masyarakat.

Herman Deru mengungkapkan, penambahan fasilitas-fasilitas yang memadai bagi pengguna LRT dan memiliki kelebihan dibanding kendaraan lainnya tentu akan menarik minat masyarakat.

Gubernur Herman Deru berharap pihaknya atau jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengakselarasi agar tepat waktu.

“Jadi ada koordinasi dan diskusi bersama, berharap juga agar adanya pengembangan pada infrastruktur Jembatan Lematang agar mengurangi kecelakaan yang disebabkan curamnya kontur jalan, Saya juga berharap MCC turut andil mendukung realisasi pembangunan Pelabuhan Tanjut Carat di Sumsel,” pungkasnya

Sementara Direktur Transportasi Bappenas, Ikhwan Hakim, katakan MCC hadir untuk mengembangkan infrastruktur untuk mendorong inovasi.

Untuk diketahui MCC adalah lembaga bantuan luar negeri Pemerintah AS yang menyalurkan hibah dari hasil pembayaran pajak masyarakat AS untuk memberi manfaat bagi negara-negara berkembang.

Turut hadir Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., M. Kes, Kepala Bappeda Sumsel, Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc., Kadishub, Ari Narsa JS, Dirut RSUD Siti Fatimah, dr. Syamsuddin Isaac Suryamanggala, Sp.OG.(Rel/Adv/Mus).

News Feed