by

Terima Kunjungan ICRAF Wagub Sumsel : Pengelolaan Lahan Gambut Harus Bermanfaat Ekonomi Bagi Masyarakat

SriwijayaUpdate.Com, Palembang –
Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menilai, upaya pemanfaatan lahan gambut sebagai lahan pertanian dan perkebunan memang sudah seharusnya dilakukan. Hal itu juga sudah menjadi salah satu fokus yang dilakukan Pemprov Sumsel mengingat lahan gambut diwilayah Sumsel merupakan yang terbesar kedua di pulau Sumatera dengan luasan 25 hingga 35 persen dari total luas wilayah Sumsel yang mencapai 9 juta hektare.

“Saya kira upaya pengelolaan gambut ini memang perlu dilakukan sehingga lahan gambut ini bisa bermanfaat ekonomi bagi masyarakat,” kata Mawardi ketika melakukan pertemuan bersama tim International Centre for Research in Agroforesrty (ICRAF) di ruang tamu Wakil Gubernur Sumsel, Jum’at (4/1/2022).

Hanya saja, lanjut Mawardi dalam pengelolaan lahan gambut tersebut dibutuhkan perencanaan yang matang bahkan masyarakat akan setuju jika lahan gambut tersebut dilakukan pengelolaan sehingga ekonomi juga akan semakin meningkat.

Sebab itu, Mawardi meminta ICRAF melakukan riset untuk menentuk tanaman yang memiliki potensi besar untuk ditanami di lahan gambut tersebut.

Diketahui, pertemuan Wakil Gubernur Mawardi Yahya bersam tim ICRAF tersebut dalam rangka membahas pelaksanaan project sustainable Lanscape for Climate-Resilient Live Lihoods (Land4Live).

Proyek ini memiliki fokus utama mengurangi deforestasi, meningkatkan kondisi lahan, serta juga meningkatakan penyerapan karbon di tiga provinsi di Indonesia yakni Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, dan juga NTT.

Project tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pada sektor ekonomi dan iklim, mata pencaharian, dan ketahanan pangan untuk para petani perempuan dan laki-laki yang miskin dan rentan serta pada sektor usaha kecil, khususnya perhatian pada pengusaha perempuan.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Programme Management Unit Leader ICRAF Andree Ekadinata, ICRAF Provinsial Coordinator South Of Sumatera David Susanto, Reseacher Officer Sylvanita Fitriana, Communication Specialist Emmy Fitri dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemprov Sumsel. (Rel/Adv/Mus)

News Feed