by

AKABRI 1999 Peduli Gelar Vaksinasi Massal dan Salurkan Bansos di Wilayah Polresta Cirebon

Sriwijayaupdate.com kab cirebon- AKABRI 1999 Peduli menggelar vaksinasi massal dan pemberian bantuan sosial di wilayah Polresta Cirebon, Rabu (20/10/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Gebangmekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, SIK, MH, yang merupakan Alumni AKABRI 1999, mengatakan, kegiatan kali ini bertujuan untuk membangunkan herd immunity masyarakat Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, target vaksinasi massal kali ini sebanyak 2000 orang. Sedangkan jumlah bantuan sosial yang disalurkan kepada para nelayan sebagai kalangam masyarakat yang membuat pandemi Covid-19 mencapai 600 paket.

“Kegiatan ini juga untuk mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon. Untuk menurunkan PPKM Kabupaten Cirebon ke level 2 tinggal membutuhkan peningkatan capaian vaksinasi saja,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengatakan, indikator lainnya untuk menurunkan PPKM ke level 2 telah terpenuhi. Di antaranya, kapasitas BOR telah jauh menurun, penyebaran kasus Covid-19 semakin terkendali, dan sebagian besar desa serta kelurahan di Kabupaten Cirebon telah berstatus zona hijau.

Pihaknya juga melibatkan para tenaga kesehatan dari berbagai instansi untuk menjadi vaksinator. Dari mulai Polresta Cirebon, Korem 063/SGJ, Lanal Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, dan puskesmas setempat.

Namun, ia berpesan kepada seluruh warga yang telah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi bukan jaminan membuat kebal dari Covid-19 sehingga mereka masih mempunyai kemungkinkan terpapar.

“Kami mengimbau agar protokol kesehatan selalu diterapkan setiap saat, bahkan jika perlu diperketat lagi. Dari mulai memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Selain itu, Polresta Cirebon juga mengadakan vaksinasi khusus lansia di desa-desa se-Kabupaten Cirebon. Pihaknya melibatkan tenaga kesehatan desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa untuk menyasar para lansia di desa binaannya agar dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

juga mengadakan vaksinasi dalam rangka persiapan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak yang berlangsung pada November 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan serentak di 60 puskesmas se-Kabupaten Cirebon.

Ia sengaja memilih desa-desa yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa sebagai lokasi vaksinasi. Selain itu, hal tersebut menjadi terobosan Polresta Cirebon untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa yang menggelar pilwu.

Pasalnya, vaksinasi diharapkan membuat kekebalan kelompok telah terbentuk. Sehingga gelaran pilwu serentak tidak berimbas pada peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

“Seluruh vaksinasi kali ini dalam rangka percepatan terbentuknya herd immunity masyarakat Kabupaten Cirebon. Agar pandemi Covid-19 yang hingga kini sedang melanda segera berakhir,” kata Kombes Pol Arif Budiman, SIK, MH(turah)

News Feed