by

Pemerintah Provinsi Sumsel Salah Satu Provinsi yang Mendapatkan Dana hibah dari Pemerintah Amerika Serikat

SriwijayaUpdate.Com, Palembang –
Pemerintah Provinsi Sumsel salah satu Provinsi yang mendapatkan langsung dana hibah dari Pemerintah Amerika Serikat melalui program Millennium Challenge Compact (Program Compact) 2.

“Program Compact 2 di rencanakan di 5 Provinsi diantaranya Provinsi Sumsel, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bali dan Riau,” kata Direktur Kerjasama Pendanaan Bilateral Kementerian PPN/Bappenas RI, Kurniawan Ariadi saat kunjungan kerja dalam rangka Diskusi Usulan Program Compact 2 Provinsi Sumsel bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (21/9/21).

Dalam pembahasan ini di hadiri langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru serta Tim Bappenas dan para Kepala OPD Pemprov Sumsel yang terkait.

Kurniawan Ariadi mengatakan program compact 2 ini bertujuan utama untuk memerangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Pada intinya, program kompak 2 perlu diarahkan untuk meningkatkan produktivitas melalui pengembangan infrastruktur dan UMKM,” katanya.

Dalam paparanya ada empat tema proyek infrastruktur Provinsi Sumsel yaitu mendukung Kawasan Terpadu Tanjung Api-api Palembang, mendukung pengembangan ekonomi terpadu Danau Ranau, mendukung pengembangan KSPN Kota Pagaralam dan mendukung pengentasan kemiskinan Kabupaten Musi Rawas Utara.

Untuk Palembang Metropolitan Area diantarnya, pembangunan pelabuhan internasional tanjung carat, pembangunan akses jalan menuju tanjung karat, pengembangan pelabuhan perikanan sungsang, pengembangan TOD dan Integrasi Moda pada LRT, pembangunan jalan dan Jembatan Rantau Bayur-Gelumbang, peningkatan ruas jalan rambutan – tulung selapan dan peningkatan jalan Air Batu-Tanjung Lago.

Kemudian mendukung pengembangan ekonomi terpadu Danau Ranau di antaranya, revitalisasi Bandara Banding Agung, peningkatan jalan akses pembangunan keluar tol Pematang Panggang-Kayu Agung menuju Belitang OKU Timur, peningkatan jalan Provinsi Muara Dua- Kota Baru -Batas Lampung.
(Rel/Adv/Mu

News Feed