by

Pemprov Sumsel Dorong Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Memperluas Implementasi Pemanfaatkan QRIS hingga ke Kabupaten/kota

SriwijayaUpdate.Com, Palembang –
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendorong Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumsel untuk memperluas implementasi pemanfaatkan Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) hingga ke Kabupaten/kota.

Hal ini diungkapkan Plh Sekda Sumsel, Akhmad Najib saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Monitoring Implementasi QRIS di Wilayah Sumsel yang berlangsung di ruang rapat Kantor Perwakilan BI Sumsel di Jalan Sudirman Palembang, Rabu (14/7/21).

Dijelaskan Akhmad Najib, kehadirian QRIS sebagai respon atas kemajuan teknologi yang begitu cepat berkembang dan dimanfaatkan di sektor transaksi perbankan.

“Sehingga produk bank mulai mengimplemetasikan QRIS ini. Kemajuan implementasi QRIS sudah kelihatan, tinggal bagaimana perluasannya saja agar mencapai ke kabupaten/kota, bahkan ke tingkat desa,” ucapnya.

Dijelaskannya, salah satu upaya yang bisa dioptimalkan untuk memperluas implementasi QRIS tersebut, dengan gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, sangat strategis penggunaan QRIS. Namun, masyarakat harus kenal dulu apa itu QRIS, agar bisa menggunakannya dengan kesadarannya sendiri. Saya sarankan, edukasi dan sosialisasi secara terus-menerus,” ujarnya.

Selain itu, melakukan koordinasi antar pihak, termasuk kepala daerah menjadi cara kedua yang bisa dilakukan. Namun, harus didukung adanya komitmen pemimpin, mulai dari Kabupaten/kota hingga level desa seperti kades. (Rel/Adv/ Mus).

News Feed