by

Gubernur Sumsel Tutup Festival Palembang Darussalam

SriwijayaUpdate. Com, Palembang –
Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Selatan bekerjasama dengan Dewan Kerukunan Keluarga Palembang sukses menggelar Festival Palembang Darussalam XIX tahun 2021 pada 12 April – 12 Juni 2021.

Festival yang dikemas dengan nuansa islami ini berhasil melahirkan bibit-bibit muda yang siap melestarikan adat dan budaya yang ada di Sumatra Selatan, khususnya Kota Palembang.

Pada malam penutupan festival (12/6/21) di Griya Agung Palembang, Dewan Kerukunan Keluarga Palembang secara resmi menganugerahi gelar ‘Cek’ kepada Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru. Gelar tersebut didapatkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru (HD) didampingi Ketua TP PKK Prov. Sumsel, Hj. Febrita Lustia Herman Deru.

Pada sambutannya, HD mengucapkan terima kasih atas gelar yang diberikan pada dirinya. HD yakin melalui kegiatan festival seperti ini akan membangkitkan semangat masyarakat untuk terus melestarikan adat-istiadat dan nilai-nilai budaya di Sumsel, khususnya Kota Palembang.

“Tidak ada kata yang paling bijak, kecuali apresiasi untuk langkah besar yang kita lakukan dalam mempertahankan kebudayaan yang dimiliki. Festival seperti ini saya minta ke depannya dapat melibatkan kabupaten/kota lainnya yang ada di Sumsel dan saya izinkan untuk menggunakan tempat ini dalam penyelenggaraannya,” ungkap HD.

Selain itu, HD juga telah menyetujui peraturan yang mewajibkan setiap pegawai yang ada di lingkungan dinas Provinsi Sumsel untuk menggunakan pakaian adat satu kali dalam satu minggu, hal tersebut dimaksudkan untuk menghormati para leluhur yang telah mewarisi kebudayaan kepada masyarakat Sumsel.

“Banggalah jadi wong Sumsel, banggalah jadi wong Palembang. Ayo kita bersama-sama melestarikan kebudayaan yang kita miliki, minimal kita dapat menjelaskan tentang pakain adat yang kita gunakan kepada keturunan kita nanti.” tutup HD.”pungkasnya (Rel/Adv/Mus).

News Feed