by

Gubernur Sumsel Menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2021 Secara Virtual Bersama Presiden RI Joko Widodo

SriwijayaUpdate. Com, Palembang –
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru manghadiri rapat kordinasi nasional (Rakernas) Penanggulangan Bencana 2021 secara virtual bersama Presiden RI, Ir H Joko Widodo,Rabu (3/3/21).

Dalam kegiatan ini, Gubernur H Herman Deru didampingi Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati,SH., MH, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Eko Indra Heri, MM, Kajati Sumsel, Drs M Rum, MH dan Danrem 044 Gapo,Brigjen TNI Agus Suraji, S.IP., S.Sos.

Dalam sambutannya, Presiden RI, IR H Joko Widodo mengatakan, bencana tidak bisa lepas dari sisi kesehatan dan ekonomi. Aspek kesehatan dan ekonomi ini harus diselesaikan secara bersama, baik ditingkat daerah, nasional hingga global.

“Penanganan bencana harus dilakukan dengan cepat, inovatif dan kaloboratif. Apalagi, Indonesia tecatat sebagai negara rawan bencana, dan masuk sebagai 35 negara rawan resiko bencana di dunia,” ungkapnya.

Dijelaskannya, berdasarkan data yang dimiliki dari Februari 2020 hingga Februari 2021, setidaknya ada 9 bencana yang terjadi setiap harinya di Indonesia. Angka tersebut, ungkap Jokowi, bukanlah angka yang sedikit dan harus menjadi perhatian bersama.

“Kunci utama dalam penanganan bencana adalah mengurangi resiko, sehingga aspek pencegahan jangan sampai terlambat. Pemerintah, termasuk daerah harus menyiapkan antisipasi bencana yang terencana dengan baik,” terangnya.

Disisi lain, orang nomor satu di Indonesia ini mengajak pemeritah daerah untuk sensitif terhadap rawan bencana. Jangan sampai terjadinya kegaduhan, atau saling menyalahkan setelah terjadinya bencana. (Rel/Adv/Mus).

News Feed