by

Warga Desa Tanjung Tambak Dan Mahasiswa Unsri manfaatkan Kotoran Sapi Jadi Biogas

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir – Desa Tanjung Tambak, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir ternyata juga menjadi desa ternak. Akibatnya kotoran sapi menjadi sumber persoalan baru. Apalagi pemanfaatannya belum optimal.

Menurut Kepala Desa Tanjung Tambak Bayjuri IB, kotoran sapi itu hanya dimanfaatkan sebagai pupuk saja. Seringkali bahkan hanya ditimbun dan berpotensi menimbulkan masalah lingkungan.

“Salah satu hal yang belum dimiliki oleh Desa Tanjung Tambak adalah alat penghasil biogas, dan Alhamdulillah hadirnya mahasiswa UNSRI yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berhasil merancang dan membuat alat penghasil biogas atau biodigester,” kata Bayjuri I.B.

Tim KKN Unsri yang berada di Desa Tanjung Tambak kemudian mencoba membuat instalasi sederhana yang mampu mengubah kotoran sapi menjadi bernilai lebih.

Menurut Alfarizi salah satu mahasiswa KKN, ia dan timnya kemudian menggagas sebuah prototype Biodigester penghasil biogas.

“Kami berkoordinasi dengan aparat pemerintahan, masyarakat dan para peternak yang ada di Desa Tanjung Tambak,” kata Alfarizi.

Menurutnya, upaya itu sebagai salah satu bentuk perburuan sumber energi terbarukan (renewable energy). pembuatan prototype Biodigester diawali dengan  penyuluhan sanitasi kandang, pengamatan kualitas kotoran limbah ternak, kemudian pembuatan prototype, demonstrasi pengoprasian biodigester hingga menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Biogas belakangan mulai jadi tren. Itu merupakan hasil proses mikrobiologi pada bahan organik, seperti kotoran limbah ternak menjadi metana (CH4) melalui proses pencernaan anaerob. Biogas merupkan bahan bakar gas yang sangat menarik untuk dikembangkan karena dapat diperbarui dan dapat dibuat dengan teknologi yang tidak terlalu rumit.

“Biogas termasuk yang berasal dari kotoran sapi, dimanfaatkan sebagai bahan bakar, pembangkit listrik, penghasil energi panas, lampu penerangan, dan lain sebagainya. Selain itu, hasil samping dari alat biodigester juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.”pungkasnya.

News Feed