by

Ust Al Habsyi Ziarah Ke Makam Kiyai Bahri

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir
Ziarah kubur adalah salah satu sarana umat islam untuk mengingat akan kematian, mengingatkan peziarah bahwa kehidupan di dunia tidak kekal dan mengingatkan akan hari akhir. Ziarah kubur dapat dilakukan kapan saja tidak ada ketentuan didalam ziarah kubur.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu penceramah kondang Ustadz Al Habsyi kamis (19/11/2020), melakukan ziarah kubur ke makam salah seorang kyai yang ada di Ogan Ilir, tepatnya di desa Tanjung Atap kecamatan Tanjung Batu yaitu makam kiyai Bahri bin Pandak.

Kiyai Bahri bin Pandak adalah salah seorang yang berperan besar didalam penyebaran agama Islam di kecamatan Tanjung Batu. Kiyai Bahri juga dikenal sebagai seorang yang banyak memiliki karomah dari Allah SWT.

Pada ziarah kali ini ustadz al-habsyi ditemani oleh tokoh masyarakat desa Tanjung Atap, Chandra dan Ustadz Ikhsan Darman serta anak dari Kiyai Bahri yaitu Muhammad Dani.

Di temui di lokasi makam, ustadz al-habsyi menuturkan bahwa sering mendengar cerita-cerita tentang Kiyai Bahri bin Pandak, oleh karena itu beliau sangat ingin berziarah ke makam Kiyai Bahri bin Pandak.

“Saya sering mendengar cerita tentang pak Kiyai, dan saya sangat ingin pergi berziarah kesana, dan hari ini atas izin Allah SWT niat saya di berikan kemudahan” Terangnya

“Hari ini selepas dari mengisi tabligh akbar di kelurahan Tanjung Batu, saya langsung meminta ke panitia untuk diantar ke makam Kiyai Bahri Bin Pandak” Ujarnya

Tak lupa ustadz Al-habsyi berpesan untuk senantiasa berziarah ke makam-makam tokoh agama, untuk mengingat akan kematian dan juga menguatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Beliau juga berpesan agar makam-makam seperti makam Kiyai Bahri bin Pandak agar selalu dijaga, dibersihkan dan tidak disalahgunakan ke arah yang salah.(Ir)

News Feed