by

Herman Deru Tunjuk Hotel Swarna Dwipa Menjadi Tempat Isolasi Tenaga Medis

SriwijayaUpdate.Com, Palembang – Respon cepat dilakukan Gubernur Sumsel H.Herman Deru atas penyebaran Covid-19 yang cukup masif belakangan ini. Tak hanya menyediakan ODP Center sejak akhir Maret lalu, baru-baru ini Ia juga telah menetapkan Hotel Swarna Dwipa sebagai alternatif tempat isolasi bagi para tenaga medis.

Pernyataan itu diungkapkannya usai rapat paripurna secara virtual di Command Centre Sumsel, Senin (20/4) pagi.

Berdasarkan hasil kesepakatan dan melihat perkembangan penyebaran Covid saat ini, Ia menilai perlu memfasilitasi tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah Covid di Sumsel. Upaya ini juga dilakukan untuk mencegah hal-hal kontroversial di lapangan yang berimbas pada para tenaga medis.

” Makanya di salah satu blok di Wisma Atlet Jakabaring kita fasiltas ruang isolasi yang setara hotel. Jika pun itu kurang kita siapkan satu hotel kebanggaan masyarakat Sumsel Hotel Swarna Dwipa kita tetapkan sebagai tempat menampung tenaga medis yang diisolasi,” tegasnya.

Tak hanya tenaga medis yang ada di dalam Kota Palembang, fasikitas itu kata HD juga biaa dimanfaatkan oleh tenaga medis dari daerah sekitar termasuk kabupaten-kota se Sumsel.

” Akan kita fasilitasi, kita siap antar jemput mereka,” tambah Gubernur.

Dengan kebijakan ini, HD berharap para tenaga medis baik itu dokter spesialis, dokter, perawat dan petugas lainnya dapat menjalankan tugasnya dengan tenang dan fokus.

“Kepada seluruh tenaga medis di Sumsel, bekerjalah dengan baik, yakinlah bahwa kami pemerintah tidak akan tinggal diam memberikan perhatian dan memfasilitasi kalian. Selamat bekerja semoga kita selalu dilindungi Allah SWT,” tuturnya.

Sejauh ini lanjut HD, pelayanan yang sudah disiapkan di ODP Center Palembang atau Rumah Sehat Covid-19 Sumsel sudah berjalan sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari proses screening, penempatan hingga isolasi selesai yang telah dilakukan petugas di lokasi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumsel yang juga Ketua Umum ODP Center atau Rumah Sehat di Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Mawardi Yahya mengatakan bahwa mereka juga telah menyiapkan ruang isolasi khusus bagi tenaga medis sejak lama.

Menurutnya, tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini. Bahkan tak jarang tenaga medis ini berinteraksi langsung dengan pasien Covid-19.

“Sudah kita siapkan. Sudah sepantasnya kita memperhatikan tenaga medis ini karena mereka memang berada di garda terdepan. Kalau disini lokasinya di Tower 3 Wisma Atlet,” kata Mawardi saat meninjau Rumah Sehat Jakabaring, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui sejak Sabtu (18/4) malam terdata ada sebanyak 13 orang tenaga medis yang telah melakukan isolasi diri di Rumah Sehat Jakabaring. Jumlah ini diperkirakan bertambah karena tak sedikit tenaga medis yang merasa ada semacam keluhan akibat dampak dari pelayanan mereka dan mengajukan permohonan karantina di Rumah Sehat Covid Jakabaring.(Rel).

News Feed