by

Terima Laporan ODGJ, Puskesmas Tanjung Batu Turunkan Tim Kesehatan

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir – Petugas Kesehatan Puskesmas Tanjung Batu kunjungi Mussadad (30) pasien Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) warga desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir, Rabu (18/12/19).

Petugas kesehatan bidang penanganan ODGJ dari Puskesmas Tanjung Batu Yeni Kadir dan Robbi datang langsung ke kediaman Mussadad untuk melihat dari dekat dan memeriksa kesehatannya.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pasien juga diberikan pengobatan dan menyarankan kepada pihak keluarga agar terus memberikan perhatian kepada pasien terutama kesehatannya.

Sementara kepala UPTD Kesehatan Tanjung Batu H. A. Faid mengatakan pihaknya setelah mendapat laporan adanya pasien ODGJ di desa Tanjung Atap, langsung menurunkan tim kesehatan, khusus bagian penanganan ODGJ untuk melihat dari dekat keadaan pasien dan tindakan pertama selain melakukan pemeriksaan kesehatan pihaknya juga memberikan pengobatan terhadap pasien.

Lanjut Faid, diharapkan kepada keluarga pasien agar terus memberikan perhatian terhadap pasien, terutama perhatian kesehatan dengan secara rutin melakukan pemeriksaan dan pengobatan di puskesmas agar kesehatan pasien terus terpantau dan pasien bisa dinyatakan sembuh.

Sebelumnya Siti (65) ibu dari Mussadad mengaku anaknya menderita kelainan sejak tahun 2011 yang lalu, pernah dilakukan pengobatan baik ke orang pintar maupun ke RSMH Palembang, namun beberapa tahun belakangan tidak diobati lagi karena keterbatasan biaya. Padahal kata Siti anaknya termasuk rajin beribadah dan bekerja sebagai pengrajin aluminium.

“dulu pernah di ubati dengan urang pintar samo ke rumah sakit di plembang, tapi kami tak naro lagi biaya untuk berubat”, ujar Siti dengan sedih

Dari pantauan dilapangan, kondisi Mussadad kelihatan banyak berbicara sendiri dan kalau keadaan tidak stabil sering cepat marah dan emosian. Seperti dibenarkan oleh Siti ibunya, kalau anaknya sering ngoceh dan bicara sendiri yang tidak jelas apa yang dibicarakannya, juga sering marah marah bahkan terkadang sering membanting benda yang ada disekitarnya. (Yan)

News Feed