by

Gelar Rapat Pleno, Ini Lima Calon Ketua DPRD OI yang Diusulkan Ke DPD Tingkat Il

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir – Setelah melalui rapat pleno Selasa ( 27/8/19) sore hingga malam, akhirnya DPD Partai Golkar Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengusulkan lima nama calon yang bakal menjadi ketua DPRD OI periode 2019-2024 ke DPD Tingkat I Sumatera Selatan.

Adapun kelima calon tersebut yaitu
1. Suharto
2. Iqbal
3. M Ali
4. Kosasi dan
5. Basri.

Rapat pleno DPD Partai berlambang pohon beringin Kabupaten OI ini dipimpin langsung Herpanto Sekjen DPD Partai Golkar Propinsi Sumatera Selatan dan dihadiri pengurus harian DPD Partai Golkar Kabupaten OI.

Dikatakan Herpanto, Setelah ditetapkan oleh KPU, maka harus diusulkan calon ketua DPRD. Usulan nama-nama ini harus melalui rapat pleno terlebih dahulu.

Setelah dari hasil rapat pleno tersebut nama nama calon diusulkan ke DPD Golkar Tingkat I Sumatera Selatan atau DPD satu tingkat diatasnya, boleh lebih dari tiga nama yang diusulkan, nanti pihak DPD I akan mengkrucutkan tiga nama yang akan dimajukan ke DPP Partai Golkar yang berhak mengambil keputusan, siapa yang nantinya diberi hak dan tanggung jawab mendapat amanah menjadi pucuk pimpinan DPRD nantinya.

Namun dikatakan oleh Herpanto, nama nama yang bakal diusulkan ke DPD I Propinsi tersebut setelah melalui rapat pleno di jajaran kepengurusan DPD Kabupaten juga harus memenuhi kriteria, antara lain, pernah menjadi anggota DPRD, berpendidikan S1, memenuhi kriteria UU, tidak sedang di partai lain dan kalaupun tidak ada yang memenuhi kriteria tersebut maka keputusan DPD satu tingkat diatasnya yang diambil.

Pada kesempatan tersebut tak lupa Herpanto dengan rasa banggganya mengatakan bahwa DPD Partai Golkar Kabupaten OI merupakan satu satunya DPD Golkar dari 17 kabupaten/kota yang berhasil meraih kursi terbanyak dalam parlemen, dengan kata lain mencapai 20 persen kursi dari jumlah kursi yang tersedia di DPRD yang bersangkutan. Tak lupa diakhirinya juga, dalam pesannya siapapun yang terpilih dan disetujuinya nanti menjadi ketua DPRD OI, yang lain harus legowo, tetap kedepankan kesatuan dan persatuan partai.

Pada kesempatan yang sama ketua DPD Partai Golkar Kabupaten OI H. Endang PU Ishak mengatakan, pleno yang berjalan lancar guna mengesahkan dan mengambil keputusan resmi diikuti dan dihadiri 48 dari 73 orang dari jumlah pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten OI.

Lanjutnya Ketua DPD Partai Golkar OI, dari delapan nama yang terpilih menjadi anggota DPRD OI periode 2019-2024 ada lima calon yang diusulkan ke DPD Golkar Propinsi dan nantinya akan diteruskan oleh pihak DPD Propinsi tiga nama calon ke DPP Partai Golkar Pusat. (Mus)

News Feed