by

15 Desa Kecamatan Tanjung Raja Ikuti Bimtek Siskeudes

-NEWS-1,750 views

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir,- Insfektorat Kabupaten Ogan Ilir kali ini melaksanakan Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan Desa (APBDES) Aplikasi Siskeudes versi 2.0, Surat Pertanggung jawaban APBDes dan pajak-pajak, Sekecamatan Tanjung Raja yang diikuti 15 Desa dengan diwakili 3 orang per desa, bertempat di Balai Serbaguna Desa Tanjung Temiang kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir selama 3 (tiga) hari 22 hingga 24 Juli 2019, diikuti oleh puluhan peserta terdiri dari Kepala Desa, Operator, serta Bendahara Keuangan Desa.

Inspektur Ogan Ilir, M.Ridhon mengatakan, hal itu dilakukan karena Inspektorat berfungsi sebagai penindakan dan pengawasan, “Banyak laporan yang kami terima tentang adanya Pemerintah Desa (Pemdes) yang belum menyelesaikan pembangunan, pada hal itu hanya kesalahan administrasi yang belum terlengkapi,” ujarnya.

Karena menurut dia, selama ini perangkat desa takut berurusan dengan Inspektorat dan Inspektorat terkesan menjadi momok untuk memeriksa pembangunan desa, “Kedepan, setelah Bimtek ini, Pemdes yang ada bisa memperbaiki administrasi sehingga menjadi tertib administrasi,” katanya.

Senada yang dikatakan Ketua Pelaksana Bimtek Penataan Keuangan Desa, Zulkarnain Burlian, ia menyambut baik pihak Insfektorat Kabupaten Ogan Ilir yang menjadi narasumber Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan Desa tersebut.

“Semoga dengan adanya Bimtek ini,dan Insfektorat Kabupaten Ogan Ilir langsung yang menjadi narasumber setiap perangkat desa mengerti dan terampil dalam Administrasi tentang pengelolaan keuangan Desa,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Tim Inspektorat Kabupten Ogan Ilir yang telah mau menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan Desa.

“Dengan mengikuti Bimtek penataan keuangan Desa dan Insfektorat selaku tim Auditor sehingga kesalahan secara administrasi bisa diminimalisir,” pungkasnya.

News Feed