by

54 Pilkades Serentak, Kadin PMD OI: Tunggu Selesainya Pemilihan BPD

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir – Tidak lama lagi di akhir tahun 2019 Kabupaten Ogan Ilir akan mengelar hajatan demokrasi pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 54 desa dari 16 Kecamatan. Saat ini puluhan desa tersebut tengah melakukan tahapan pemilihan BPD yang nantinya akan bertugas melakukan tahapan-tahapan pilkades tersebut.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) OI Trisnopilhaq mengakui, bila saat ini jabatan kepala desa di Bumi Caram Seguguk ini banyak yang sudah berakhir. Sehingga untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, pemerintah daerah menunjuk pejabat sementara (pjs) kades.

“Agar roda pemerintahan desa tetap berjalan, maka bagi kades yang masa jabatannya sudah berakhir, maka pemerintah menunjuk pjs kades, bisa dari staf kecamatan atau menunjuk PNS yang ada di desa masing-masing. Diperkirakan jumlah kades yang masa jabatannya sudah berakhir hingga tahun 2019 capai 54 kades,” kata Trisnopilhaq, Minggu (14/7/2019).

Menurut mantan Kepala Disnakertrans OI ini, tentang rencana pelaksanaan Pilkades serentak ini sebelumnya sudah dilaporkan ke Bupati untuk mempersiapkan anggarannya.

“Pak bupati sudah menyetujui untuk dilaksanakan pilkades serentak pada akhir 2019 mendatang, bisa di bulan Oktober atau Nopember, yang pasti di tahun ini juga,”ujarnya.

Trisno tidak menyebutkan secara rinci tentang desa-desa mana saja yang bakal ikut pilkades serentak. Namun dalam hitungannya, dari 16 kecamatan di OI sudah tercatat 54 desa yang dipimpin pjs kades, sehingga ke depan diharapkan seluruh desa yang di OI tidak lagi terdapat kekosongan jabatan kades. (Red)

News Feed