by

Jaga Lingkungan DAS, Bupati OI Ajak Masyarakat Jangan Buang Sampah dan Kotoran di Sungai

SriwijayaUpdate.Com, Ogan Ilir – Mendukung Upaya Penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bupati OI HM Ilyas Panji Alam SE SH MM, di wakili Asisten II Setda OI H.Muhsin Abdullah di dampingi perwakilan Kepala OPD  Pemkab OI, Dan Camat Indralaya, Rabu, (3/7/2019) melakukan Sosialisasi PHBS dan DAS untuk mencegah tercemarnya sungai yang diakibatkan oleh limbah ataupun kotoran manusia.

Kegiatan sosialisasi  untuk menjaga kebersihan dan lingkungan di daerah aliran sungai ini dilaksanakan di Desa Penyandingan, Kecamatan Indralaya.

Menurut Asisten II Muhsin Abdullah mengatakan, untuk menjaga kelestarian lingkungan di daerah aliran sungai di Kabupaten OI tidak bisa hanya mengandalkan Pemerintah saja. Akan tetapi, perlu mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

“Bicara tentang isu lingkungan bagi Kabupaten OI itu kompleks. Kita tak bisa hanya bicara tentang kebersihan lingkungan perkotaan saja. Sebab, Kabupaten OI punya semua baik kota, hutan kota dan  juga tak kalah pentingnya keberadaan Sungai,” ujar Muhsin

Karena itu, ungkap Asisten II, Pemkab OI tidak mungkin bekerja sendiri. Dibutuhkan dukungan semua pihak atau kalangan masyarakat termasuk dunia industri untuk melakukan aksi nyata menyelamatkan hutan dan sungai dari kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Terkait keberadaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak, menurutnya  ini punya arti teramat penting bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat. Sebagai kawasan didominasi oleh sungai-sungai baik kecil ataupun besar.

“Selain hilangnya biota khas yang hidup di sepanjang aliran sungai, pencemaran sungai yang terjadi juga menyebabkan Masyarakat OI kesulitan air bersih. Bayangkan seberapa besar biaya yang kita butuhkan untuk menyuling air sungai sebagai sumber air bersih” Pungkas Asisten II.

News Feed