by

Tingkatkan Pengetahuan “Kuli Tinta” PWI Sumsel Gelar Kegiatan Orientasi

SriwijayaUpdate.Com – Untuk meningkatkan pengetahuan para kuli tinta di Bumi Sriwijaya. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel selasa (26/03/2019) mengelar kegiatan orientasi yang dilaksanakan di Kantor PWI Sumsel Jalan Supeno Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan wartawan media cetak,elektronik, Televisi dan Media Online yang datang dari berbagai daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan dengan pemateri yang berkompeten dalam bidang Jurnalistik.

Edi Lestari salah satu wartawan dari Ogan Ilir (OI) mengungkapkan sangat “senang dengan kegiatan ini pasalnya dari orientasi ini berbagai pengetahuan tentang dunia jurnalis dapat di pahami secara mendalam seperti UU Pers No 40 tahun 1999 dan Kode etik jurnalis yang menjadi pegangan dalam menjalan tugas,”ujarnya di sela-sela kegiatan tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya berharap kegiatan seperti ini “terus dilaksanakan oleh PWI Sumsel supaya para insan pers yang bertugas di Sumsel semakin profesional dalam menyajikan berita”tukasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Sumsel H Firdaus Komar sebagai salah satu Narasumber menyampaikan , dengan adanya orientasi ini bisa melihat kualitas dan mengetahui batas kemampuan Anggota PWI, karena syarat untuk bergabung menjadi anggota PWI Harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) terlebih dahulu.

“Jadi otomatis skill dan keahlian serta pengetahuan menjadi wartawan sudah dimiliki,” ujarnya di hadapan para peserta.

Ditambahkan Firdaus, ketika sudah memasuki sebuah organisasi dilarang untuk masuk ke organisasi wartawan lainnya, selain itu juga harus menjaga kode etik dan nama baik PWI.

“Ketika sudah bergabung di PWI ingin masuk organisasi wartawan lain harus mengundurkan diri terlebih dahulu.” Pungkasnya.(Mus)

News Feed