by

Bupati OI: Itsbat Nikah Harus Terus Berlanjut Sampai Tuntas

Sriwijayaupdate.Com, Ogan Ilir – Program Itsbat Nikah Terpadu harus terus berlanjut sampai tuntas, dengan kata lain tidak ada lagi pasangan yang sudah menikah namun belum tercatat secara negara,” hal ini dikatakan oleh Bupati OI HM Ilyas Panji Alam SE, SH MM saat membuka kegiatan itsbat nikah, Rabu (20/03/2019) yang di langsungkan di Gedung Serbaguna Caram Seguguk Pemda Lama Pemkab OI Jalintim (Palembang-Kayuagung Km 35).

Lebih lanjut Bupati OI Ilyas Panji Alam menambahkan kelengkapan administrasi kependudukan (Adminduk) sangatlah penting untuk berbagai keperluan seperti pembagian hak waris, mengurus Kartu Keluarga (KK), berurusan dengan bank dan persyaratan untuk berangkat haji dan umroh.

“Surat nikah atau buku nikah merupakan salah satu administasi kependudukan amatlah penting dan Pemerintah Kabupaten OI melalui Disdukcapil dengan Program Itsbat Nikah ini memberikan kemudahan bagi pasangan yang belum tercatat secara hukum di permudah mendapatkan buku nikah secara gratis. Tidak sebatas itu saja pasangan yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan berupa souvenir dan uang transport.”Tukas Bupati OI.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Ilir Akhmad lutfi, S.Sos,M.Si mengatakan kegiatan itsbat nikah salah satu program unggulan Bupati OI ini, sangat antusias disambut masyarakat, setidaknya sampai saat ini lebih dari seribu pendaftar yang masuk di Disdukcapil.

“Sejak dimulainya program itsbat nikah pada tahun lalu dan hingga saat ini yang sudah mendaftar seribu lebih, namun karena keterbatasan anggaran yang tersedia, jadi setiap tahunnya hanya 300 pasangan dan dirinya menargetkan tahun 2021 tidak ada lagi keluarga yang tidak memiliki surat nikah,” Pungkasnya.(Mus)

News Feed