by

Bupati OI Jadi Inspektur Upacara Hari Bela Negara ke-70

SriwijayaUpdate.Com, Indralaya – Bupati OI HM Ilyas Panji Alam SE SH MM menjadi inspektur upacara Hari Bela Negara ke-70 yang di gelar di Halaman Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab OI Tanjung Senai Indralaya.

Acara dimulai dengan mengheningkan cipta kemudian dilanjut pembacaan ikrar bela negara. Bupati OI lalu membacakan amanat bela negara dari Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto.

“Hari Bela Negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya bela negara, tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi,” kata Bupati OI membacakan amanat dari Menkopolhukam Wiranto, Rabu (19/12/2018).

“Sebagai negara besar dengan penduduk terbanyak keempat di dunia negara maritim dengan ribuan pulau bangsa yang Bhineka dalam suku ras dan agama kita bersyukur bahwa negara kita tetap rukun damai dan bersatu,” lanjut dia.

Menkopolhukam, seperti amanat yang dibacakan Bupati OI kemudian menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah melakukan aksi bela negara. Tak hanya TNI-Polri, profesi guru juga dimaknai sebagai bela negara.

“Mereka yang mengajar walaupun bukan guru, yang mengajak masyarakat untuk hidup sehat walaupun mereka bukan pegawai kesehatan, banyak mereka yang mendampingi masyarakat untuk berwirausaha tanpa berniat mengambil manfaat dari masyarakat. Inilah sebuah bentuk dari bela negara yang patut kita apresiasi,” Pungkas Bupati OI.

Dalam acara ini dihadiri juga oleh Sekda OI H Herman MM, Kapolres OI Ghazali Ahkmad SIK MH, Pabung OKI-OI Mayor Ikrah, Kepala Badan/Dinas dilingkungan Pemkab OI, Camat, Kades, lurah dan perwakilan pelajar.

Hari Bela Negara diperingati tiap 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948. (Mus)

News Feed