by

Bupati OI Akan Terus Berupaya Memanfaatkan Lahan Gambut Agar Menjadi Lahan Produktif

SriwijayaUpdate.Com,Indralaya – Bupati OI Ilyas Panji Alam akan terus berupaya untuk memanfaatkan lahan gambut yang ada di daerahnya dengan terus mendorong para pemiliknya untuk mengubahnya jadi lahan yang produktif hal ini dikatakannya saat menghadiri kegiatan Rakorda Restorasi Lahan Gambut Sumsel, di Hotel The Zury, Senin (29/10/2018).
Ilyas Panji Alam menambahkan, Ogan Ilir salah satu pemilik lahan gambut terluas di Sumsel. Mengenai usulan perda pemanfaatan lahan, pihaknya menunggu hasil rakorda pelaksana restorasi gambut Sumsel mengenai pemanfaatan lahan.
“Memang di OI masih ada lahan tidur yang dikuasai beberapa orang, kami masih menunggu hasil rakorda agar bisa mengambil keputusan,”ujar singkatnya.
Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru akan mengajukan peraturan daerah pemanfaatan lahan gambut, sebagai upaya untuk mengatasi lahan gambut yang biasa terbakar di musim kemarau dan mengakibatkan bencana kabut asap.
Sumsel memiliki lahan gambut 1,4 juta hektar yang harus dipelihara, jangan hanya digunakan kepentingan bisnis. Menurutnya ,lahan gambut juga harus diwariskan ke anak cucu dalam keadaan baik.
“Mari sama-sama menjaga lahan gambut, ini adalah ciptaan Allah, peruntukan lahan gambut seyogyanya sebagai tempat penyimpanan air, bahkan mengandung 90 persen air, harus dijaga itu,” katanya.
Deru berharap, kepala daerah yang wilayahnya terdapat lahan gambut ikut memeliharanya dengan mendukung kerja Badan Restorasi Gambut (BRG). Dia juga berharap rapat kerja daerah tahun ini menghasilkan formula efektif restorasi lahan gambut di Sumsel.
“Dengan bersama-sama kita memelihara lahan gambut tersebut, saya percaya kebakaran lahan di Sumsel akan berkurang walaupun tidak secara menyeluruh, tetapi semuanya akan teratasi minimal setengahnya,” Pungkasnya.(Mus).

News Feed